Sabtu, 07 September 2013


DEFINISI
Java Script
JavaScript adalah bahasa pemrograman yang bisa disisipkan ke HTML seperti halnya PHP akan tetapi javascript berjalan di sisi Client. Misalnya, jam ditampilkan pada halaman yang update sendiri untuk menunjukkan waktu saat ini pada komputer pengguna. Desain JavaScript dipengaruhi oleh banyak bahasa pemrograman, termasuk C, tetapi dimaksudkan untuk lebih digunakan oleh non-programmer.

JavaScript tidak didasarkan pada atau terkait ke Java, ini adalah kesalahpahaman umum. JavaScript seringkali disertakan dalam file HTML atau link dari file HTML dan dijalankan secara lokal oleh web browser. Ini berarti bahwa server bebas untuk mengerjakan sesuatu yang lain daripada pemrosesan instruksi untuk setiap klien. Hal ini telah membuat JavaScript pilihan yang lebih populer daripada bahasa yang memerlukan server untuk melakukan pengolahan.

Java Applet
Applet merupakan bagian dari sebuah web-page. Berbeda dengan aplikasi Java biasa, applet dijalankan oleh sebuah browser. Browser yang dapat menjalan applet harus Java-enabled.

Selain menggunakan browser, kita jga dapat melakukan tes terhadap tampilan applet dengan memakai tool “appletvewer.exe” yang terdapat dalam direktori “\bin\”.

PHP
Pengertian Dari PHP  (akronim dari PHP Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemrogramman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis.
PHP dikatakan sebagai sebuah server-side embedded script language artinya sintaks-sintaks dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa. Aplikasi-aplikasi yang dibangun oleh PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan di server.
Pada prinsipnya server akan bekerja apabila ada permintaan dari client. Dalam hal ini client menggunakan kode-kode PHP untuk mengirimkan permintaan ke server. Ketika menggunakan PHP sebagai server-side embedded script language maka server akan melakukan hal-hal sebagai berikut :
* Membaca permintaan dari client/browser
* Mencari halaman/page di server
* Melakukan instruksi yang diberikan oleh PHP untuk melakukan modifikasi pada halaman/page.
* Mengirim kembali halaman tersebut kepada client melalui internet atau intranet.

CGI
Common Gateway Interface atau disingkat CGI adalah suatu standar untuk menghubungkan berbagai program aplikasi ke halaman web. CGI mirip sebuah program komputer yang menjadi perantara antara standar HTML yang menjadikan tampilan web dengan program lain, sepertibasis data (database). Hasil yang diperoleh dari proses pencarian dikirimkan kembali ke halaman web untuk ditampilkan dalam format HTML. 
Pada awalnya CGI adalah salah satu yang mendekati aplikasi server-side programming.  Program CGI yang sering digunakan adalah C++ dan perl. CGI merupakan bagian dari web server yang dapat berkomunikasi dengan program lain yang ada di server Dengan CGI web server dapat memanggil program yang dibuat dari berbagai bahasa pemrograman (Common). Interaksi antara pengguna dengan berbagai aplikasi, misalnya database, dapat dijembatani oleh CGI (Gateway)
CGI (Common Gateway Interface) merupakan skrip tertua dalam bidang pemrograman web. Skrip bisa didefinisikan sebagai rangkaian dari beberapa instruksi program. Untuk membuat skrip yang dapat dijalankan pada web diperlukan pengetahuan pemograman.

PERL
Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh.
Links Bar
Link merupakan suatu kata, sederetan kata (kalimat) atau gambar dalam suatu web yang tehubung dengan suatu halaman web, baik itu halaman web dari dalam web itu sendiri atau pun halaman web pihak lain.
Penggunaan link pada suatu blog atau situs sangat berguna untuk membuat suatu navigasi yang dibutuhkan untuk membuat suatu penjelasan terhadap suatu objek. Karakteristik setiap link selalu mempunyai sumber dan arah, sumber merupakan link itu sendiri, baik berupa halaman teks atau gambar (teks yang dijadikan link biasa disebut dengan anchor teks), sedangkan arah adalah tujuan dari link (anchor teks) baik itu halaman blog atau website dari dalam blog itu sendiri ataupun halaman blog atau website pihak lain.
GIF Animation
Graphics Interchange Format(GIF) adalah sebuah format yang sering digunakan dalam dunia web maupun dalam dunia citra digital. Format ini sering digunakan karena ukurannya yang relati kecil dan juga banyaknya software editor gambar yang telah mendukung citra ini. GIF berukuran kecil karena membatasi jumlah warnanya sebanyak 256 warna sehingga dapat menghemat ukuran berkas. 

Algoritma GifShuffle yang dikembangkan oleh Matthew Kwan adalah salah satu algoritma steganografi yang menggunakan berkas citra dengan format GIF. Akan dibahas bagaimana proses encoding dan decoding pesan dalam citra dengan menggunakan algoritma GifShuffle. Algoritma ini melakukan penyisipan pesan dengan cara mengganti susunan palet warna yang ada dalam sebuah berkas citra dengan format GIF. Selain itu akan dilakukan pula pengujian terhadap citra yang telah disisipi oleh pesan. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan software paranoia Hal ini dilakukan untuk memperoleh kesimpulan bagaimana ketahanan pesan yang telah disisipkan ke dalam berkas GIF tersebut. Pengujian terhadap berbagai ukuran berkas citra dan jumlah warna yang dikandung dalam berkas tersebut pun dilakukan untuk memperoleh bagaimana kriteria berkas citra dengan format GIF. 

Tipe file GIF memungkinkan penambahan warna transparan dan dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana, tetapi saat ini standar GIF hanya maksimal 256 warna saja. 

File ini menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression) tetapi penurunan jumlah warna menjadi 256 sering membuat gambar yang kaya warna seperti pemandangan menjadi tidak realistis. Pada program MS Paint, tidak ada fasilitas penyesuaian warna yang digunakan (color table) sehingga menyimpan file GIF di MS Paint seringkali menghasilkan gambar yang terlihat rusak atau berubah warna. Pada program pengolah gambar yang lebih baik, seperti Adobe Photoshop , color table bisa diatur otomatis atau manual sehingga gambar tidak berubah warna atau rusak.

Animasi flash sering digunakan untuk membuat banner sebuah website, apakah itu banner header yang berukuran besar atau banner iklan yang berukuran kecil yang biasa ditempatkan di sidebar. Banner dengan animasi flash terlihat lebih menarik karena ada teks, gambar, atau foto yang bergerak sehingga lebih sedap dipandang mata.

animasi flash adalah gambar bergerak yang dibuat dengan menggunakan alat untuk membuat web site yang interaktif dan web site yang 

Form
Form adalah objek yang digunakan untuk menampung semua objek yang akan dibuat pada aplikasi. Adapun beberapa Properti yang sering dipakai dari Form adalah sebagai berikut:
Properties Value Description
Appearance 0 – Flat1 – 3D Apakah form akan ditampilkan dengan model 2 dimensi atau 3 dimensi
AutoRedraw True/False Menampilkan form dalam modus grafik
BackColor Value Menampilkan warna latar belakang
BorderStyle 0 – None1 – Fixed Single2 – Sizeable3 – Fixed Dialog4 – Fixed Tool Window5 – Sizeable Tool Window Model Penampakan Border
Caption Value Judul dari form
ControlBox True/False Menampilkan Control box dalam form
Enabled True/False Aktif/Deaktif form
FillColor Value Warna form
Font Value Jenis font dalam form
Height Value Ukuran tinggi form
Icon Value Bentuk icon yang akan ditampilkan
Left Value Ukuran form dari kiri screen
MaxButton True/False Menampilkan Tombol Max
MDIChild True/False Form sebagai child atau free
MinButton True/False Menampilkan tombol Min
MouseIcon Value Bentuk mouse pada daerah form
MousePointer Value Jenis mouse pada daerah form
Moveable True/False Form dapat dipindahkan/geser
NegotiateMenus True/False Menu dapat digabung dengan menu dari Form lain
Picture Value Gambar yang akan diisi pada form
ShowInTaskbar True/False Form akan ditampilkan dalam taskbar
StartUpPosition 0 – Manual1 – CenterOwner2 – CenterScreen3 – WindowsDefault(kiri atas) Posisi awal form pada saat dipanggil
Top Value Jarak antara form dengan screen atas
Visible True/False Menyembunyikan form(False)
Width Value Lebar dari suatu form
WindowState 0 – Normal1 – Minimized2 – Maximized Menampilkan form pada saat pertama kali dipanggil
Label adalah objek yang digunakan untuk menampung suatu kalimat. Kalimat ini dapat diisi pada saat Design Time ataupun pada saat Run Time


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar